\

Waspada Kebakaran Gunung Sampah, DLH dan BPBD Kota Tangerang Siaga

Dinas Lingkungan Hidup (DLH) dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tangerang mewaspadai potensi terjadinya kebakaran di TPA Rawa Kucing, terutama saat cuaca panas melanda daerah tersebut.

Kepala DLH Kota Tangerang Tihar Sopian menjelaskan risiko kebakaran di TPA Rawa Kucing bukanlah hal yang dapat diabaikan. Alasannya adalah karena tumpukan sampah di TPA tersebut mengandung jumlah gas metana yang signifikan, yang dapat memicu terjadinya kebakaran saat suhu udara meningkat. Risiko ini diperparah dengan adanya fenomena cuaca el-nino.

Saat ini, Tihar menyatakan pihaknya telah mengambil langkah-langkah pencegahan dengan menempatkan dua armada mobil tangki air dan pompa air di sekitar area TPA.

“Tindakan pencegahan ini melibatkan patroli 24 jam oleh petugas DLH, terutama mereka yang berjaga di TPA. Armada penyiraman dan peralatan pendukung seperti pompa air telah siaga, juga berkoordinasi dengan BPBD,” ujar Tihar Sopian kepada bantenpro.id, Kamis (24/08/2022).

Kepala Bidang Kebersihan DLH Kota Tangerang Iwan Syarifudin menambahkan pihaknya secara rutin memonitor kandungan gas metana yang terakumulasi di setiap area pembuangan di TPA Rawa Kucing. Kandungannya cukup besar. Oleh karena itu, Iwan memberikan peringatan kepada para pemulung.

Belajar dari pengalaman beberapa bulan sebelumnya, TPA Rawa Kucing pernah mengalami insiden kebakaran. Iwan merincikan bahwa insiden tersebut disebabkan oleh pembakaran ban bekas secara tidak terkontrol oleh pemulung. Kebakaran itu merambat dan membakar area seluas 10 hingga 20 meter.

“Baru-baru ini saya mendapat laporan dari kepala TPA, tentang pemeriksaan rutin kandungan gas metana. Inilah alasan kita harus mengurangi aktivitas pemulung agar tidak menyebabkan situasi yang bisa memicu kebakaran, seperti membuang puntung rokok sembarangan,” kata Iwan.

Sementara itu, Kepala Pelaksana BPBD Kota Tangerang Maryono Hasan menjelaskan pihaknya telah menugaskan petugas untuk melakukan pemantauan situasi di TPA saat cuaca panas melanda. Armada mobil pemadam kebakaran juga telah disiagakan.

“Semua armada dan personel sudah siap, patroli juga dilakukan secara rutin,” terang Maryono.

Terkait dengan kesiapan fasilitas pemadam kebakaran di TPA Rawa Kucing, Maryono mengonfirmasi bahwa pihaknya secara berkala telah melakukan inspeksi.

“Kami baru saja melakukan pemeriksaan terakhir pada bulan April,” tambahnya.


Source : Bantenpro.id

BERITA LAINNYA

24 Aug 2023 14:57

Giat Apel Senin pagi…