\

Puluhan Siswa TK Antusias Pelajari Dunia Profesi Damkar

BPBD Kota Tangerang memberikan edukasi tentang mitigasi bencana dan kebakaran kepada puluhan anak-anak RA Athfal Nurul Falah Cadas, Kecamatan Sepatan, Kabupaten Tangerang, yang mendatangi langsung markas besar BPBD Kota Tangerang, di Jalan KS Tubu, Koang Jaya, Kecamatan Karawaci, Kamis (25/11/21).

Dalam kunjungan ini, anak-anak diberikan pengetahuan terkait profesi pemadam kebakaran. Mulai dari pakaian yang dikenakan, kendaraan yang digunakan, hingga alat-alat yang digunakan saat proses pemadaman. Anak-anak pun diberikan kesempatan merasakan langsung sensasi penyemprotan air jika terjadi kebakaran.

Kepala BPBD Kota Tangerang, Deni Koeswara mengungkapkan BPBD memang terbuka untuk para pelajar untuk dapat mempelajari dunia pemadam kebakaran atau penanganan kasus yang ditangani BPBD.

Kata Deni, pada pengenalan tidak hanya menyampaikan materi dengan metode ceramah saja melainkan juga dengan mengenalkan langsung benda-benda yang dibutuhkan dalam mengatasi bencana kebakaran seperti palu, alat pemadam air dan lainnya.

“Selain itu musik dan games pun menjadi metode efektif yang dipilih untuk mengedukasi anak-anak. Kegiatan ini dilakukan dalam rangka pengenalan terhadap kebencanaan dan kebakaran kepada anak-anak dan apa yang harus dilakukan mereka saat bencana terjadi," jelas Deni.

Sementara itu, Wati, Kepala Raudhatul Athfal menuturkan akan pentingnya variasi pembelajaran di era pandemi saat ini. Setelah anak-anak bosan dengan pembelajaran di rumah, metode belajar luar gedung seperti ini rasanya perlu ditingkatnya.

“Alhamdulillah anak-anak senang sekali belajar dunia pemadam kebakaran. Banyak dari mereka yang punya cita-cita jadi petugas damkar. Kami pihak sekolah, juga berterima kasih atas keterbukaan BPBD Kota Tangerang untuk menerima anak-anak kita dari Kabupaten Tangerang. Semoga bisa datang dengan pembelajaran dunia BPBD yang lainnya,” harapnya.

Sumber : tangerangkota.go.id