\

Video Berita Puluhan Buaya Lepas ke Sungai Cisadane Beredar Lagi, Ini Pesan BPBD Kota Tangerang

Beredar di grup-grup percakapan WhatsApp pemberitaan mengenai lepasnya puluhan buaya di penangkaran di wilayah Bogor. Buaya-buaya itu dikabarkan masuk ke aliran Sungai Cisadane sehingga membuat cemas masyarakat di wilayah Tangerang.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tangerang Maryono AP, M.Si dimintai keterangannya terkait pemberitaan yang viral itu mengatakannya sebagai hoax. Berita itu disebutnya pernah beredar sebelumnya tapi tim BPBD Kota Tangerang sudah turun langsung ke sungai Cisadane tidak menemukan buaya lepas dari penangkaran.

Mengenai hal ini Maryono AP, M.Si mengingatkan kepada masyarakat jangan mudah percaya informasi yang tidak terkonfirmasi/belum jelas kebenarannya.

Menurut Maryono AP, M.Si, pesan berantai berupa potongan berita buaya lepas itu kini beredar lagi, dikirim orang tak bertanggungjawab ke platform WhatsApp. Isi pesannya pun persis sama dengan narasi dalam pesan yang pernah beredar sebelumnya yaitu warga dekat bantaran Kali Cisadane agar berhati-hati karena penangkaran buaya di Bogor jebol.

Maryono tetap menyebut video berita itu hoax meski pada Februari 2023 didapati kemunculan seekor buaya dekat Bendung Pintu Air 10 pada Februari 2023. Buaya itu sudah berhasil dievakuasi dengan cara dikembalikan ke habitatnya melalui Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Wilayah I Jawa Barat.

Source : TEMPO.CO


BERITA LAINNYA

18 Sep 2023 18:30

Giat Apel Senin pagi…